Subscribe:

Selasa, 07 Februari 2012

Nilai atau Ilmu

Sebagai pelajar atau mahasiswa nilai itu sangat penting saat kita berkiprah di sekolah atau di kampus. Nilai juga sebagai tanda bukti tentang bagaimana prestasi seseorang saat sudah lulus.


tapi saat ini, banyak orang dan termasuk gw udah sedikit lupa dan mungkin udah bener-bener lupa dengan TUJUAN yg sebenernya seseorang sekolah. Kita seharusnya sekolah itu untuk mencari ilmu bukan mencari nilai. Nilai itu memang penting, gw juga gak munafik karena gw juga berusaha mendapat nilai yg baik walaupun butuh perjuangan yg extra berat. Tapi kenapa ada orang yg berniat tulus sekolah untuk mendapat ilmu malah nilainya gak sesuai dengan apa yg udah dia perjuangkan misalnya dengan belajar dengan giat setiap hari? Apa masalahnya?

Udah bukan hal yg tabu lagi buat kita semua bahwa sekarang mendapat nilai itu lebih penting daripada mendapatkan ilmunya. Sehingga banyak cara dan jalan pintas yg dilakukan para pelajar masa kini, apalagi kalau bukan mencontek. Seakan sekarang mencontek sudah menjadi TRADISI para pelajar di Indonesia. Ngerjain PR, nyontek hasil kerjaan tmn. Ulangan nyelipin kertas contekan atau lirik2 kerjaan tmn disebelahnya. Dari hasil itu dapet nilai yg tinggi BANGGAnya setengah mati. Kenapa harus begitu?

Sedangkan kita semua tau, banyak kejadian miris yg terjadi. Ketika Ujian Nasional entah tingkat SMP atau SMA, banyak orang yg luar biasa jenius tapi kenapa bisa tidak lulus. Kejadian ini sama persis yg dialami oleh seorang sepupu gw. Dia pinter, bisa dibilang anak IPS terpinter di sekolah dia saat itu. Namun saat UN, dia gak lulus. itu kenapa? Untungnya saat itu angkatan dia ada Ujian ulang bagi yg tidak lulus saat UN. Sedangkan banyak anak sekolah yang kerjaannya tiap hari cuma mabal sekolah, malakin tmn-tmnnya di sekolah atau cuma sekedar absen doang di sekolah bisa lulus dengan nilai di atas rata-rata. Banyak kejadian yg seperti itu.

Gw nulis ini bukan berarti gw sok pinter dan gak pernah nyontek. Gw gak munafik karena gw jg pernah nyontek, gw sering mentingin nilai di atas kepentingan sebenernya yaitu mendapat ilmu. Tapi gw dan mungkin orang-orang yg menyadari ini untuk bisa belajar bahwa yg terpenting itu ilmu dan bukan nilai. Nilai bagus tapi hasil nyontek percuma, gak ada pertanggung jawaban dari hasil yg diraih tersebut.

Ayo jadi pelajar dan mahasiswa yg dapat mempertanggung jawabkan nilai yg sesuai dengan ilmu yg telah didapat. :)

0 komentar:

Posting Komentar