Subscribe:

Kamis, 16 Oktober 2014

Pengertian, Fungsi Bisnis, Aspek Bisnis, Fungsi Mirko dan Makro Perusahaan dan Studi Kasus Perusahaan

Pengertian dan Fungsi Bisnis

 Dalam pemahaman yang sederhana bisnis adalah kegiatan/aktifitas mencari uang dan bisa menguntungkan, ini sesuai dengan kata bisnis diserap dari bahasa Inggris “business” berarti kesibukan, kesibukan yang berorientasi pada profit/ keuntungan. Produsen dan orang-orang yang bergerak dalam kegiatan bisnis berhasil membuat keuntungan dan memperbesar nilai bisnisnya yang makin lama makin meningkat.

Hughes dan Kapoor mendefinisikan sebagai kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.


Huat, T Chwee sebagaimana dikutip Amirullah mendefinisikan bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat kita. Dengan mengambil definisi ini berarti setiap tindakan yang diambil dalam bisnis berakibat pada suatu sistem sosial yang lebih besar. Sistem bisnis berhubungan dengan sistem politik, sistem ekonomi dan sistem hukum.

Fungsi sebuah bisnis bisa dilihat dari dua sisi, dari fungsi mikro dan makro. Fungsi mikro bisnis dipandang sebagai kemampuan aktivitas bisnis dalam memberikan kontribusinya kepada pihak-pihak yang berperan secara langsung terhadap proses penciptaan nilai (creation of value).

Sedangkan fungsi makro bisnis dapat dipandang sebagai kemampuan aktivitas bisnis dalam memberikan kontribusinya kepada pihak-pihak yang terlibat secara tidak langsung dalam pembentukan dan pengendalian bisnis. Pihak yang dimaksud adalah masyarakat sekitar perusahaan, bangsa dan negara.

Aspek-Aspek Bisnis

- Kegiatan Individu dan Kelompok
- Penciptaan Nilai
- Penciptaan Barang dan Jasa
- Keuntungan Melalui Transaksi
- Karakteristik Sistem Bisnis
- Kompleksitas dan Keanekaragaman
- Saling Ketergantungan
- Perubahan dan Inovasi


Fungsi Mikro dan Makro
1. Fungsi Mikro Bisnis
   - Pekerja / Karyawan
   - Dewan Komisaris
   - Pemegang Saham
2. Fungsi Makro Bisnis
   - Masyarakat sekitar perusahaan
   - Bangsa dan Negara

Studi Kasus Perusahaan Carrefour



Carrefour Indonesia, pusat belanja berkonsep hypermarket yang berada di bawah PT Trans Retail Indonesia. Perusahaan retail terkemuka di Indonesia saat ini telah melayani sekitar 500.000 pelanggan per hari dengan menyediakan berbagai produk lengkap. Tak hanya makanan segar (daging, ikan, sayuran, buah segar), bahan makanan, minuman, keperluan rumah tangga, perlengkapan bayi, kosmetik, elektronik dan tekstil saja. Para pelanggan pun akan dimanjakan dengan berbagai makanan dan minuman siap saji yang berkualitas dan higienis. Selain itu Carrefour juga bermitra dengan lebih dari 4.000 pemasok yang 70% merupakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).


referensi :
http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7851/pengertian+dan+fungsi+bisnis.pdf
http://www.referensimakalah.com/2013/06/definisi-tujuan-dan-fungsi-bisnis.html
http://www.slideshare.net/adenthoriq/analisis-perusahaan
http://www.carrefour.co.id/

2 komentar:

Posting Komentar