Subscribe:

Rabu, 29 Oktober 2014

Sira (si CB150R merah)

blog ini cuma dipake buat tugas kuliah melulu lama-lama bosen juga ga ada tulisan lain, udah kangen pengen sekedar nulis lagi...hehe



kenalin motor ane namanya Sira atau bisa dibilang cibi merah. awalnya sih namain si merah teralis, tapi karena terlalu panjang dan ribet akhirnya baru kepikiran dinamain dengan Sira. Karena ada dia juga gue sekarang jadi lumayan suka tentang otomotif.
sebelum ketemu Sira, kuda besi tunggangan gue Honda Supra X 125R Injeksi keluaran pertama tahun 2006, motor turunan dari bokap yang gue pake sampe akhir tahun 2013 kemarin. awal mulanya ganti motor sebenernya bukan niat dari gue, tapi dari nyokap yang nyaranin untuk jual motor supra nya dan ganti yang baru supaya ada regenerasi (kaya makhluk hidup aja..haha). pertengahan bulan November akhirnya motornya gue coba iklanin sana-sini via sosmed sambil nyari-nyari referensi motor-motor keluaran terbaru tahun 2013-2014. saat itu gue sebenernya disaranin ganti motor Supra X 125R injeksi terbaru sama nyokap, tapi gue ga mau karena beda tampilan doang tapi sama rasa kalo dikendarai dan daripada dijual mending dipake terus aja tuh supra gue.

akhirnya gue mutusin supaya coba cari motor manual, alias motor kopling. Sebenernya gue itu naksir banget sama Honda CS1, diliat dari performa yang mantep dan body yang ringan gue beneran naksir sama itu motor tapi sayangnya udah berenti diproduksi dari tahun 2011. setelah itu ada banyak beberapa pilihan waktu itu yang gue taksir lagi yang kira-kira cocok buat gue. Suzuki Satria 150 FU, Yamaha New Jupiter MX, Yamaha New Vixion Lighting, & Honda CB150R.

Karena emang dari kecil bokap selalu pake motor Honda, gue pun ikut ngerasain gimana enak, dan iritnya brand motor lambang sayap itu gue pengen banget cari motor dapet honda lagi. Beberapa bulan sebelum motor supra disaranin buat di jual gue inget banget, ada motor batangan keluaran terbaru dari Honda dipake sama tmn SMA gue. motor batangan injeksi 150 cc, warnanya putih dengan striping biru tapi yg gue heran kok namanya CB150R, bukan CBR150R. apa ini motor turunan dari CBR karbu terdahulu atau emang beda asal muasal. setelah galau sekitar 2 minggu dan konsultasi sama beberapa tmn yg ngerti motor, akhirnya fix gue coba pilih CB150R.

ternyata pilih motor ini kendalanya banyak, karena badan gue yg lumayan kecil (tinggi gue ga lebih dari 165, berat badan gue sekitaran 50kg) tapi maunya pake motor yang body nya rada besar jadi bokap & nyokap awalnya kaga yakin, tapi gue ngeyakinin juga kalo gue bisa dan bakal ahli pake motor itu, nanti sebagian cicilan motornya potong aja dari uang jajan.

tanggal 21 November 2013 pagi, bokap ga bilang-bilang dateng ke dealer motor honda di daerah cibubur. tiba-tiba bokap nelpon ke rumah supaya gue samperin ke sana. sampe disana gue seneng bukan main, tinggal pilih  warna motornya aja. gue pilih merah, karena emang gue suka banget warna merah dan CB150R di jalanan saat itu masih langka yang warna merah. setelah bayar DP, motor langsung dianter ke rumah tanpa inden. Seminggu kemudian setelah STNK jadi, supra gue pun terjual.

tapi nih ya...setiap orang yang ketemu gue pertama liat gue pake motor CB pasti ngomong "motornya gede, yg ngendarain kecil banget". dari mulai bokap, nyokap, tmn-tmn kampus, tukang bangunan, satpam perumahan pasti bilang gitu. tapi inget loh, pembalap MotoGP tim Repsol Honda si Dani Pedrosa badannya juga kecil, imut-imut kaya gue. tapi mantep saat balapan. hahaha

emang sih, postur tubuh mempengaruhi banget teknik dan cara kita ngendarain motor. beda motor beda penyesuaian. tapi menurut gue postur tubuh pengendara bukan masalah utama, yang jadi masalah utama itu keseimbangan. gimana cara tubuh kita ngimbangin motor kita sendiri saat berkendara.

yang gue suka dari Sira yaitu kecepatannya yg lumayan tinggi, saat jalanan kosong buka gas dikit di gigi 3 ga terasa udah 80km/h di speedometer. tapi gue ga pernah berani lebih dari  kecepatan110 km/h di speedometer dengan Sira karena takut ga bisa ngimbangin dan masih sayang nyawa.

Buat sesama para rider cibi, motor kita motor cepat. banyak yg ngeshare di sosial media top speed nya hingga mencapai 154km/h di speedometer dalam kondisi motor standar. Jangan sekali-sekali ngegali top speed kalo bener-bener belum ahli, lebih baik kita santun di jalan, tetap safety riding, dan selalu gunakan safety gear lengkap seperti helm standar, sarung tangan, jaket, celana panjang, dan sepatu.


postingan gue ini bukan buat pamer motor gue motor cepat, saat di jalan raya kita semua sama mau kendaraan apapun yang kita gunakan. karena gue tau di atas langit masih ada langit. ini cuma sekedar share aja, namanya juga sekedar nulis...hahaha

0 komentar:

Posting Komentar