Subscribe:

Selasa, 19 Desember 2017

Running

Definisi sukses menurut gue itu :

Tadinya pemalas, sekarang gila lari.



2017 merupakan tahun yg luar biasa berkesan buat gue. Gue mulai suka olahraga lagi, dan gue pun ga tanggung-tanggung ngeluarin banyak pengluaran cuma buat olahraga.

Kalo kalian kenal gue dari kecil, kalian pasti tau banget lahh gue lemah banget yg namanya olahraga ataupun latihan fisik. Gue inget tahun lalu gue sempet sakit krn hal sepele terus, kecapean kerja. Pdhal kerjaan gue di dalam ruangan, ngoding doang. Tapi kenapa gue sering kecapean? ya karena gue lemah saat itu.



Yap....bermula dari awal tahun 2017, gue mulai suka dengan seseorang. gue pun cari banyak info apapun tentang dia, dan saat itu yg gue tau kalo orang tuanya suka laki-laki yg sehat.
Gue jg pernah dinasehatin dia buat sering olahraga dan jangan malas, kurangin makan makanan yg banyak mengandung gula. sampe pernah sempet loh dikirimin video kesehatan gitu yg isinya dampak gula di tubuh.


Entah kebetulan atau ngga, waktu itu akhir bulan April gue liat di instagram kalo temen-temen SMA gue bikin satu komunitas olahraga, namanya Droméas. Gue coba dateng lah ikut olahraga disitu daripada tiap akhir pekan gue berlalu sia-sia ga bermanfaat.
Latihan pertama gue disana berkesan banget, kita semua dikasih latihan yg lumayan berat buat orang yg baru mulai olahraga lagi. Diajarin streching dinamis, teknik dasar lari, latihan koordinasi, ladder drill, dan sirkuit training latihan strength. Karena gue masih lemah, demi apapun setelah latihan capeknya luar biasa. Setelah gue ikut latihan 2 sampe 3x disana, akhirnya gue tau tujuan tmn-tmn gue bikin komunitas saat itu targetnya mau ikut event lari Milo Jakarta International 10k.
Dan menurut gue ikut keren, gue penasaran ingin coba juga kalo gue bisa ga ya kuat lari 10k untuk pertama kalinya. Karena ade gue pun bisa, masa gue ngga.
(note : ade gue udah kuat lari 10k saat itu, dia udah 2 tahun lebih ikut komunitas lari Cibubur Runners)

Demi milo 10k, gue coba seriusin latihannya. Karena dulu saat SMA gue lumayan rajin joging di akhir pekan, dan gue kuat lari lumayan jauh (ngga ngukur jarak). Di luar jadwal latihan rutin, gue coba untuk lari lagi kali ini ngukur jarak tempuh terjauh seberapa jauh gue kuat lari. Dan ternyata luar biasa berat, lari ga sampe 2k (belum 10 menit) gue udah nyerah.
 Ada di satu akhir pertemuan latihan coach gue pernah bilang gini, "lu kalo mau coba long run, jangan ukur jarak dulu. ukur waktu dulu. Misal gini, hari pertama lu coba lari 10 menit nonstop gapake jalan. kalo kuat, hari selanjutnya lu lari coba tambah durasi waktunya atau minimal sama 10 menit jangan kurang".
Sejak saat itu gue coba dah tuh, pelan-pelan 10 menit, 15 menit, 20 menit. Sampe waktu itu 1 bulan sebelum event Milo 10k adalah bulan puasa. Gue ngerasa, wah bakal susah nih latihan puasa-puasa. Akhirnya coach gue ngajak supaya nyoba latihan sore menjelang magrib, dan ternyata kuat.
Minggu pertama bulan puasa, Droméas nyoba latihan simulasi long run 10k untuk pertama kalinya. Kalian tau, gue kuat lari 8k nonstop karena terpacu lari bareng tmn-tmn yg lain. Dan itu suatu peningkatan luar biasa dari gue yg tadinya lemah banget latihan fisik.
Setelah long run pertama itu, gue selalu coba long run sendirian tiap Sabtu sore di bulan puasa. Makin lama, lari gue pun makin cepat.

Skip ke event lari pertama gue, Milo 10k. Gue start di belakang alias grup D. Bareng banyak pelari-pelari lain. Yang gue rasain saat itu, gila ternyata lari itu sekeren ini, event lombanya dikemas dengan rapih. Gue berhasil finish di 10k untuk pertama kalinya, ada kebanggaan tersendiri saat itu. Apalagi bareng tmn-tmn Droméas yg selalu saling support untuk bisa kuat bareng.







Setelah event Milo 10k, gue makin suka olahraga, dan makin suka lari. Lari bikin gue berubah total, yg tadinya gue malas, sekaarang gue jadi ngerasa ada yg kurang kalo ga lari 1 Minggu. Gue juga ngerasa fisik gue lebih bugar, dan jauh lebih fresh.

Yang ga gue sangka, tahun 2017 gue berhasil finish di 4 event lari.
1. Milo Jakarta International 10k 2017
2. Combi Run 2017 (kategori Ekiden 21k)
3. BRI Run 2017 (kategori 10k)
3. Pertamina Eco Run 2017 (kategori 10k)











Yap inilah gue sekarang, suka lari. Lari itu bukan hanya tentang siapa yg tercepat, tapi dengan lari gue belajar tentang bagaimana mengalahkan diri sendiri.


Terima kasih buat kamu yg dulu sering banget nyuruh olahraga, sekarang aku ketagihan olahraga. Walaupun motivasi ku tadinya olahraga itu cuma untuk kamu, tapi sekarang ngga hanya itu. Aku olahraga untuk diri ku sendiri, supaya sehat dan ngga malas lagi.

Dan terima kasih banyak buat tmn-tmn Droméas, kalo bukan karena kalian gue mungkin ga akan suka olahraga atau pun sampe gila lari kaya sekarang. Thanks banget udah selalu kasih masukan dan supportnya.
Ayo terus berkembang lebih baik lagi droms, jgn pernah malas, jgn berpernah ngerasa kalian ga bisa.
Semangat terus, sehat terus, jangan lemah droms.


Gue akan terus lari, dengan banyak target-target besar di depan. Mudah-mudahan dengan berlari gue bisa ngajak banyak tmn-tmn gue yg tadinya malas olahraga juga, jadi rajin olahraga. Dan gue juga berharap satu saat nanti, kelak gue bisa berlari bareng anak gue.


Ini definisi sukses gue di 2017, kalo kalian...?


0 komentar:

Posting Komentar