Subscribe:

Minggu, 03 Mei 2015

Implementasi Cloud Computing (Komputasi Awan)



Seperti yang kita ketahui, Cloud Computing atau Komputasi Awan adalah gabungan dari pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Awan (cloud) adalah metafora dari internet sebagaimana awan sering digambarkan pada diagram jaringan komputer, dan cloud computing juga merupakan sesuatu yang abstrak dari infratrukturnya yang kompleks dan disembunyikan. Cloud Computing adalah suatu metode komputasi yang disajikan sebagai suatu layanan, yang penggunanya dapat mengakses melalui internet.

Contoh Implementasi Cloud Computing :

1. Cloud Computing dalam Pemerintahan
Cloud Computing dalam pemerintahan (E-Goverment) dapat mendongkrak kinerja kerja dalam bidang pemerintahan. E-Goverment dapat membantu staff dalam bidang pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik pada masyarakat. Pemerintah Indonesia telah menggunakan cloud computing. Contohnya yaitu sebagai layanan jasa penyedia informasi. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menyediakan layanan cloud computing untuk dapat mewujudkan percepatan e-goverment, karena memungkinkan pengguna pemerintah berkonsentrasi dalam memberikan layanan dan tidak dipusingkan dengan konfigurasi dan pemeliharaan perangkat teknologi informasi.

2. Observing the Clouds: a survey and taxonomy of cloud monitoring
Pemantauan merupakan aspek penting dari merancang dan memelihara sistem beskala besar. Cloud computing menyajikan tantangan yang unik untuk monitoring termasuk: on-demand infrastruktur, skalabilitas belum pernah terjadi sebelumnya, elastisitas cepat dan ketidakpastian kinerja.

3. Implementasi of Cloud Computing on Web Aplication
Cloud computing adalah sebuah metode baru untuk menambah kemampuan ke komputer tanpa lisensi software baru, investasi di hardware atau infrastruktur baru atau pelatihan personil tenaga baru. Aplikasi dibeli, berlisensi dan menjalankan melalui jaringan bukan pengguna dekstop.









referensi :

[1] Jurnal Pustakawan Indonesia Volume 10 No.1 "Komputasi Awan (Cloud Computing) Perpustakaan Pertanian"

[2] http://www.inderscience.com/jhome.php?jcode=ijcc
[3] http://www.journalofcloudcomputing.com/content/3/1/24
[4] en.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing
[5] id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

0 komentar:

Posting Komentar