Subscribe:

Minggu, 17 Februari 2013

Jejaring Sosial (Social Network)

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji.


Sejarah Munculnya Jejaring Sosial

Jejaring sosial muncul atas dasar ide untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.

Kehadiran jejaring sosial diawali dengan munculnya Sixdegrees.com pada tahun 1997 sebagai situs jejaring sosial pertama di dunia.

Tahun 2003 bermunculan situs jejaring sosial lain dengan beragam kategori seperti Flikr (berbagi foto), Youtube (berbagi video), dan MySpace (banyak digunakan sebagai jejaring sosial musik).

Pada Tahun 2006, kehadiran facebook menggeser posisi jejaring sosial yang ada pada saat itu. Facebook yang diluncurkan pada 2004 itu saat ini telah memiliki lebih dari 750 juta pengguna.

Tahun 2009, muncul jejaring sosial Twitter yang saat ini juga merupakan salah satu jejaring sosial populer. Pengguna Twitter (tweep) dibatasi dalam berkicau (tweet) maksimal 140 karakter.

Situs jejaring sosial kini sangat mudah untuk diakses, dari anak - anak hingga orang dewasa sudah mengetahui apa itu jejaring sosial dan bagaimana cara pemanfaatannya. Jejaring sosial diciptakan dengan keragaman dan ciri khas masing - masing dan tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan yang berbeda satu sama lain.

Dampak Positif Jejaring Sosial

1. Komunikasi menjadi lebih mudah karena sudah tidak dibatasi oleh jarak dan biaya yang mahal
2. Menyediakan sarana pertukaran informasi yang cepat,tepat dan mudah bagi para penggunanya.
3. Sebagai sarana untuk berbisnis.

Dampak Negatif Jejaring Sosial

1. Banyaknya terjadi Cyber Crime
2. Ketergantungan pada internet

Beberapa contoh jejaring sosial

Facebook
Twitter
Youfriends
Friendster
Ketiker
Hi5
MySpace  



sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial
http://www.tahukahkamu.com/2011/08/asal-usul-dan-sejarah-perkembangan.html#ixzz2BYGJhCmz

resensi buku :
Hendroyono,Tony.Facebook.PT Mizan Publika

0 komentar:

Posting Komentar