Subscribe:

Sabtu, 06 Oktober 2012

Internet


Saya akan menulis dan membahas tentang internet. Jika kita membahas tentang internet. Maka kita harus membahas internet dari sejarah internet, definisi internet itu sendiri, dan fungsi atau kegunaan internet pada masa sekarang ini. Mari kita bahas tentang internet secara satu per satu.

Apakah itu internet? Internet atau Interconnection Networking adalah suatu sistem global dari jaringan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung menggunakan Internet Protocol Suite
(TCP/IP). Atau lebih mudahnya bisa kita definisikan bahwa internet adalah suatu jaringan komputer seluruh dunia yang saling terhubung dengan menggunakan media jasa penyedia internet. Dengan menggunakan jasa penyedia internet atau Internet Service Provider kita dapat mengakses dan menggunakan internet.
Saat ini kita dapat menggunakan internet dengan mudah. Hal ini tidak dapat dilepaskan dari sejarah awal ditemukan internet dan perkembangannya hingga saat ini.

Sejarah Internet --> Cloud Computing --> Internet masa sekarang

1.              Sejarah Internet
Sejarah internet dimulai pada tahun 1969, ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk bagaimana caranya menghubungkan  sejumlah komputer sehingga membentuk suatu jaringan. Program riset ini lebih dikenal dengan proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network). Proyek ini mendemonstrasikan bagaimana hardware dan software komputer bisa saling berhubungan dengan jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Tujuan awal proyek ARPANET dibangun adalah untuk kepentingan militer. Kemudian ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

2.              Cloud Computing
Cloud Computing atau dalam bahasa Indonesia yang dapat disebut dengan komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internetyang disediakan sebagai sebuah layanan untuk menggunakan teknologi internet. Biasanya komputasi awan dapat dianalogikan seperti seperti sebuah jaringan listrik. Kita semua pastinya adalah para pengguna listrik. Namun apakah untuk menggunakan listrik kita harus memikirkan bagaimana caranya mendapatkan listrik? Atau apakah kita harus mendirikan infrastruktur sendiri untuk menggunakan listrik? Tentu saja tidak. Kita hanya perlu mendaftar ke perusahaan penyedia listrik dan membayar iuran setiap bulannya untuk bisa mendapatkan listrik.
Kita menggunakan listrik tanpa harus memusingkan bagaiamana perusahaan penyedia listrik tersebut memenuhi kebutuhan listrik untuk kita, bagaimana ketika perusahaan tersebut mengalami sebuah kerusakan, dan bagaimana proses penyaluran listrik untuk para pelanggan listrik. Kita hanya cukup menggunakan listrik dan hanya berkewajiban membayar listrik setiap bulannya.
Seperti itulah analogi cloud computing. Cloud Computing ini bertugas untuk memberikan layanan dan kita adalah user/pemakai dari layanan tersebut. Kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana mereka (penyedia layananan Cloud Computing) menyedikan layanan tersebut, yang penting mereka bisa memberikan standar layanan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Untuk biaya layanan kita tinggal bayar berdasarkan pemakaian, walaupun ada juga penyedia layananan yang menggratiskan layanannya.
Cloud computing ideal adalah layanan yang memiliki 5 karakteristik berikut ini.
1. On-Demand Self-Services
Sebuah layanan cloud computing harus dapat dimanfaatkan oleh pengguna melalui  mekanisme swalayan dan langsung tersedia pada saat dibutuhkan. Kita harus dapat mendaftar secara swalayan dan layanan tersebut langsung tersedia saat itu juga.
2. Broad Network Access
Sebuah layanan cloud computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja, dengan alat apa pun, asalkan kita terhubung ke jaringan layanan. Selama kita terhubung ke jaringan Internet, saya harus dapat mengakses layanan tersebut, baik itu melalui laptop, desktop, warnet, handphone, tablet, dan perangkat lain.
3. Resource Pooling
Sebuah layanan cloud computing harus tersedia secara terpusat dan dapat membagi sumber daya secara efisien. Karena cloud computing digunakan bersama-sama oleh berbagai pelanggan, penyedia layanan harus dapat membagi beban secara efisien, sehingga sistem dapat dimanfaatkan secara maksimal.
4. Rapid Elasticity
Sebuah layanan cloud computing harus dapat menaikkan (atau menurunkan) kapasitas sesuai kebutuhan.
5. Measured Service
Sebuah layanan cloud computing harus disediakan secara terukur, karena nantinya akan digunakan dalam proses pembayaran. Layanan cloud computing dibayar sesuai penggunaan, sehingga harus terukur dengan baik.

3.              Internet Masa Sekarang
Dahulu orang-orang mengirim surat untuk menyampaikan pesan. Berebut mengirim kartu pos tercepat untuk mengikuti undian kuis berhadiah. Dan kita harus mengantre di kantor pos dengan waktu yang lumayan lama untuk itu semua.
Dan sekarang, dengan internet kita dapat dengan cepat melakukan itu semua hanya dengan satu kali klik mouse atau hanya dengan tekan enter pada keyboard komputer semua dapat terlaksana dengan cepat. Pada awal mulanya internet digunakan hanya untuk keperluan militer dan keperluan organisasi-organisasi tertentu. Sekarang, kita dapat menggunakan internet secara pribadi.
Surat menyurat dengan orang yang jauh melalui pos sekarang dapat digantikan dengan e-mail. Biasanya surat sampai ke tempat tujuan melalui pos diperluan waktu beberapa hari, namun dengan e-mail kita dapat mengirim surat dengan cepat dan dapat langsung sampai ke alamat e-mail yang ditujukan saat itu juga.
Dengan internet, kita juga dapat mengetahui perkembangan berita apapun yang kita ingin ketahui lebih cepat. Melakukan pengiriman uang melalui transfer internet banking. Hingga bermain game online dengan teman-teman yang saling terkoneksi internet.

Manusia pasti ingin berkembang, menciptakan dan memperbarui teknologi lebih baik dan lebih canggih lagi termasuk media internet.


Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar