Subscribe:

Selasa, 06 September 2011

3 Jalan Hidup

 Kawan, anda ingin menjalani hidup seperti apa? Ada 3 jalan sebagai pilihan. Pertama, jalan yang lurus, mulus tanpa hambatan. Keinginan-keinginan anda akan terpenuhi dengan mudah. Kedua, jalan yang berliku, berlubang dengan hambatan-hambatan kecil. Keinginan-keinginan anda akan terpenuhi
dengan usaha-usaha yang tidak terlalu berat. Ketiga, jalan yang berliku, sempit, berlubang, becek, banyak onak dan duri, dengan hambatan yang besar dan banyak.

Nah, apakah pilihan jalan hidup anda…???

Bila anda memilih jalan yang pertama, ketahuilah itu hanya dalam angan-angan. Tidak ada dalam realita kehidupan. Hidup yang sesungguhnya adalah hidup yang pasti ada hambatannya. Meskipun anda dilahirkan sebagai orang kaya, ganteng/cantik, semua orang mematuhi anda, semua fasilitas ada, maka anda tetap saja akan menemui hambatan dan masalah. Nah, karena jalan ini sebenarnya tidak ada, maka janganlah memilih yang tidak ada. Sia-sia. Hanya angan-angan yang menipu.

Anda mungkin akan memilih jalan yang kedua. Pertanyaannya, “Pantaskah,...Layakkah…, makhluk hebat dengan potensi luar biasa seperti anda memilih jalan dengan hambatan-hambatan kecil? Bukankah dengan begitu anda sedang menghina diri anda sendiri?” Bila jalan ini yang anda pilih, anda seperti mahasiswa yang memilih untuk ujian sekolah dasar. Tidak layak.

Maka pilihlah jalan yang ketiga. Jalan ini sulit. Tapi anda akan selalu mendapatkan kenikmatan menjalani kesulitan tersebut. Jalan ini terdapat banyak masalah besar. Tapi anda akan dikejutkan denagn diri anda sendiri yang selalu bisa mengatasi masalah-masalah besar tersebut. Jalan ini melahkan, tapi sekailgus melegakan. Jalan ini mungkin akan membuat anda kehilangan harta, benda, keluarga, bahkan jiwa. Tapi anda bisa benar-benar menemukan diri anda yang sejati.

Jalan inilah yang dilalui para Nabi dan Rasul, para legenda, orang-orang sukses luar biasa, dan para pahlawan dunia. Manfaat pilihan dan tindakan mereka bisa terus dirasakan umat manusia. Inilah jalan yang layak dilalui oleh makhluk hebat seperti anda.

0 komentar:

Posting Komentar